oral lichen planus atau OLP, berikut fahami penyakitnya

Posted by

Penyakit Oral Lichen Planus (OLP) merupakan suatu kondisi peradangan kronis yang dapat memengaruhi kulit di bagian dalam mulut. Kondisi tersebut biasa muncul pada area mulut atau bahkan pada bagian tubuh lainnya pada saat yang bersamaan. Selain itu juga bisa muncul pada alat kelamin, kuku, dan kulit kepala. Kondisi ini dapat kita tandai dengan timbulnya ruam gatal yang tidak menular. 

Ruam tersebut seringkali berukuran kecil dengan bentuk yang tidak beraturan. Ruam yang timbul dan memiliki bagian atas yang datar serta tampak seperti benjolan berwarna merah muda atau ungu. Berdasarkan data, OLP tersebut memengaruhi sekitar 1% dari populasi. Penyebab terjadinya penyakit tersebut belum sepenuhnya dipahami. Dokter spesialis kulit percaya bahwa itu adalah suatu kelainan autoimun. Itu artinya sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat yang berada di sepanjang lapisan mulut. Selain itu, ada sejumlah faktor lain yang memicu OLP. Misalnya, konsumsi obat tertentu (obat penghilang rasa sakit, malaria, dan penenang). 

Penyakit Oral Lichen Planus ternyata juga bisa dapat dipicu oleh reaksi tubuh terhadap logam yang diletakkan pada mulut. Contohnya adalah tambalan gigi dan kawat gigi logam. Ada pula beberapa laporan yang menyebutkan, bahwa OLP terjadi karena aktvitas di dalam mulut, seperti menggigit pipi atau lidah. Selain itu, ada kemungkinan lain yang ternyata bisa menjadi penyebab OLP, seperti hepatitis C kronis dan sirosis

Penting sekali untuk dicatat bahwasanya OLP ternyata bukanlah infeksi. Penyakit ini tidak menular, tidak diwariskan dari orang ke orang, dan tidak terkait dengan gizi atau kekurangan gizi. Namun, ada beberapa buah yang jika dikonsumsi dapat memperburuk gejala, sepertihalnya buah tertentu, produk berbasis tomat, dan makanan pedas. 

Lichen planus lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan seringkali didiagnosis pada pasien yang berusia 40 ke atas. Namun, OLP tersebut juga bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa. “dilansir dari laman Halodoc” tidak terkecuali, siapapun dapat mengalami penyakit yang satu ini. pria dan wanita memiliki risiko yang sama, walaupun LP lebih sering terjadi pada usia pertengahan, sekitar 45 tahun, akan tetapi pada wanita lebih rentan terkena dibandingkan pria. Berikut beberapa faktor atau kondisi yang dapat memicu timbulnya LP adalah

  • Infeksi Hepatitis C
  • Penggunaan obat-obatan darah tinggi, obat anti-malaria (Hidroksiklorokuin dan klorokuin), obat golongan penghambat pompa proton untuk pengobatan gangguan lambung, anti-nyeri golongan antiinflamasi nonsteroid (ibuprofen). Faktor genetik, beberapa pengidap LP memiliki antigen leukosit manusia B7 (Human leukocyte Antigen B7 — HLA-B7), HLA-DR1,dan HLA-DR10 dapat berkembang menjadi LP.
  • Paparan logam merkuri atau bahan kimia lainnya 
  • Orang yang mendapatkan vaksin influenza

Hampir terjadi pada semua kasus, bahwasanya penyakit lichen planus tidak memerlukan pengobatan apapun. Namun, ketika timbul suatu gejala yang memberikan ketidak nyamanan atau berat, dokter akan meresepkan beberapa ibat diantaranya:

  • Retinoid yang digunakan secara topikal atau oral
  • Kortikosteroid digunakan secara topikal, oral, suntik
  • Antihistamin
  • Krim nonsteroid digunakan secara topikal

Memang sangat sulit untuk sekedar mencegah penyakit lichen planus oral, namun untuk menjaga lapisan mulut tersebut, sangat disarankan untuk kita menciptapkan beberapa perubahan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit yang satu ini. Berikut diantaranya:

  • Berhenti merokok (jika Anda merokok)
  • Hindari minum alkohol dalam jumlah besar
  • Lakukan diet sehat, seimbang, termasuk banyak buah dan sayuran segar

Menjaga kebersihan mulut dengan membersihkan gigi minimal dua kali sehari merupakan langkah yang memang harus kita jaga, dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, sehingga setiap masalah dengan gigi atau mulut tersebut dapat diidentifikasi dan diobati lebih dini.
Bila ada pertanyaan, jangan pernah sungkan untuk sekedar berkonsultasi dengan dokter untuk sekedar mendapatkan solusi terbaik pada masalah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *