7 Fakta Unik tentang Sepeda oleh Vivacycle

Posted by

Apa yang terbayang di benak Anda jika mendengar kata sepeda? Apakah olahraga yang menyenangkan dan membuat rileks? Atau kegiatan membosankan yang mengeluarkan keringat? Apapun pendapat Anda, nyatanya hingga kini kegiatan mengendarai sepeda merupakan kegiatan favorit banyak orang dari berbagai kalangan. Tak hanya sebagai pilihan berolahraga yang bisa dilakukan dengan santai, bersepeda juga kini dilakukan sebagai cara lain menikmati pemandangan atau mengisi waktu berkualitas bersama keluarga.

Berikut ini kami rangkum 7 fakta unik dan menarik tentang sepeda berdasarkan sejarahnya di dunia. Mari disimak!

  1. Sepeda merupakan kata yang disematkan pada kendaraan satu ini pada tahun 1860.  Dengan kata lain, sebelum tahun tersebut orang belum menggunakan kata sepeda atau bicycle pada kendaraan bermodalkan kayuhan kaki tersebut. Pada masa sebelumnya, orang Perancis memanggil sepeda dengan sebutan drive mechanist. Bukankah itu lucu?
  • Ditemukan lebih dari setengah miliar jumlah sepeda yang ada di Cina. Wah, angka yang fantastis bukan? Padahal sepeda baru diperkenalkan pada tahun 1800 di sana tetapi minat masyarakat yang tinggi mampu meningkatkan pasaran sepeda di Cina. Hingga kini bisa kita lihat, kehidupan masyarakat di Cina masih cukup bergantung pada kendaraan roda dua itu baik untuk bekerja atau melakukan rutinitas harian.
  •  Jika hampir semua kota di dunia ini memiliki sepeda layak digunakan, Anda bisakah menebak seberapa banyak? Faktanya, setiap tahun diproduksi dan didistribusikan ke seluruh dunia setiap tahunnya adalah sekitar 100 juta sepeda. Wow, angka yang cukup menarik, bukan?
  • Fakta unik dan menarik keempat adalah, Amerika selama ini penduduknya jarang sekali menggunakan transportasi sepeda dalam perjalanannya. Jika dihitung, jumlahnya tak lebih dari 1 % saja. Jumlah lebih banyak didapatkan di kota-kota Eropa. Di Italia, sekitar 5 % orang mengendarai sepeda dan di Belanda sekitar 30 %. Wow, orang-orang Belanda luar biasa, bukan? Bahkan bisa dikatakan dalam setiap delapan orang, tujuh di antara warga Belanda dengan usia di atas 15 tahun pasti memiliki sepeda.
  • Bagaimana penampakan sepeda pertama di benak Anda? Faktanya, sepeda pertama kali diciptakan tanpa sepasang pengayuh, lho. Ya, sepeda hanya terdiri dari dua roda dengan rangka seperti biasa, tanpa pengayuh. Sepeda ini dinamakan kuda pesolek dan untuk mengendarainya kita harus menggerakkan kedua kaki. Wah, bisa dibayangkan ya naik sepeda di masa lalu pasti lebih melelahkan. Namun, kita patut berterima kasih kepada dua orang hebat yang akhirnya memasang pengayuh pada kuda pesolek yaitu Frenchmen Pierre Michaux dan Pierre Lallement. Meski awalnya, sadel atau pengayuh diletakkan di samping kanan kiri ban depan, bukan di tengah sepeda seperti saat ini.
  • Nah, fakta keenam ini tak hanya unik, tetapi juga lucu. Dahulu, sepeda pernah memiliki ukuran ban yang tidak sama antara satu dan lainnya. Umumnya, diameter ban depan dua kali lipat dibandingkan ban belakang dengan pedal setia di bagian kanan kiri ban depan. Saat itu pembuatnya berkeyakinan, semakin besar diameter ban, semakin jauh pulang jarak yang bisa ditempuh dengan sepeda tersebut. Bagaimana pendapat, Anda?
  • Nah, kabar baik akhirnya datang untuk kita semua setelah ditemukannya sepeda keselamatan. Sepeda ini memiliki bentuk ban yang sama antara ban depan dan belakang, lalu ditambah adanya rantai atau gear yang membuat ban belakang memiliki tugas utama mendorong atau memberi tenaga, sementara ban bagian depan hanya bertugas mengarahkan. Sepeda yang muncul pada tahun 1880 ini terasa familiar bukan? Ya, inilah bentuk sepeda yang kebanyakan kita kenal sampai sekarang.

Itulah tadi tujuh fakta menarik tentang sepeda yang dihimpun Blibli.com dan Vivacycle. Jika Anda memerlukan sepeda unik dengan penawaran terbaik menemani liburan nanti, Blibli selalu menyediakan sepeda Vivacycle berkualitas untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *