Pilihan Obat yang Bisa Diberikan untuk Atasi Diare pada Anak

Posted by

Anak mengalami diare? Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diare pada anak adalah tetap memberinya minum dan makanan yang cukup serta memberi larutan oralit. Gunanya, tentu saja agar si kecil tidak mengalami dehidrasi. Namun, Anda juga bisa memberi mereka obat antidiare yang bisa mengurangi penyakit tersebut. Apa saja obatnya?

  1. Loperamide

Jenis obat pertama yang bisa diberikan untuk anak guna mengatasi diare adalah loperamide atau disebut juga dengan imodium. Obat ini bekerja memperlambat gerakan usus guna menghasilkan tekstur feses yang lebih padat. Selain itu, obat ini juga berguna untuk mengurangi jumlah cairan tubuh yang keluar.

Obat ini tersedia dalam banyak bentuk. Ada bentuk kapsul, tablet kunyah hingga sirup. Anda bisa memberikannya pada anak dalam bentuk yang mana ia mau. Hanya saja, sebaiknya harus sesuai dengan resep dokter.

  1. Bismuth Subsalicylate

Jenis obat lain yang bisa diberikan untuk atasi diare pada anak adalah bismuth subsalicylate. Obat ini bekerja dengan cara memperkuat lapisan dinding lambung dan usus kecil sekaligus meredakan rasa mual. Namun, bila fesesnya sudah mengandung darah, obat ini tak boleh diberikan.

  1. Obat yang Mengandung Asam Laktat dan Bakteri Bifidus

Selain itu, bila diare yang terjadi disebabkan gangguan pencernaan atau disebut juga dengan diare osmotik, Anda bisa memberikan mereka obat yang mengandung asam laktat dan bakteri bifidus. Obat ini sangat efektif mengembalikan gerak peristaltik usus kembali normal dan menekan proses fermentasi abnormal di dalam pencernaan.

  1. Paracetamol dan Ibuprofen

Nyatanya, paracetamol dan ibuprofen juga bisa Anda berikan pada anak untuk mengatasi diare yang terjadi. Obat ini bisa diberikan bila diare yang dialami disertai dengan demam dan sakit kepala. Selain meredakan sakit yang disebabkan diare, obat ini juga efektif meredakan demam dan sakit kepala yang dialami.

  1. Probiotik

Obat diare yang mengandung probiotik atau bakteri baik jauh lebih baik Adna berikan untuk membantu penyembuhan diare yang dialami anak. Sebab, obat ini lebih aman dibanding jenis obat lainnya bila diberikan pada anak. Hanya saja, jenis obat yang satu ini lebih tepat diberikan pada diare yang disebabkan penggunaan antibiotik yang tak tepat.

  1. Larutan Rehidrasi Oral

Pemberian obat rehidrasi oral juga bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kehilangan cairan dan elektrolit dalam tubuh penderita diare. Larutan ini akan mengganti cairan tubuhdan elektrolit yang hilang bersama tinja.

Nah, itulah berbagai jenis obat yang bisa diberikan untuk penderita diare. Diare pada anak bisa Anda atasi dengan pemberian secukupnya obat-obat tersebut. Hanya saja, dosisnya harus sesuai dengan anjuran dokter. Tentu saja agar tak terjadi kelebihan dosis dan menyebabkan masalah lain pada si penderita diare tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *