Praktik Gesek Tunai

Posted by

Gesek tunai atau gestun adalah praktik menggesek kartu kredit ke mesin yang dimiliki oleh toko atau yang biasa Anda sebut dengan merchant untuk mendapatkan uang tunai. Praktik ini biasanya dilakukan seolah – olah Anda melakukan transaksi belanja di suatu tempat, namun sesungguhnya Anda tidak membeli atau mendapatkan barang tersebut. Tetapi mendapatkan uang bukan barang. Praktik gesek tunai biasanya dibarengi dengan pembebanan biaya transaksi yang dilakukan. Biaya yang dibebankan beragam, mulai dari 2% sampai 3%. Biaya tersebut tergolong lumayan besar dan penagihan pembebanan biaya biasanya langsung dibebankan ke tagihan Anda saat melakukan praktik  gesek tunai tersebut.

Untuk lebih jelasnya perhatikan praktik gesek tunai berikut :

Pak Agus membutuhkkan uang tunai sebesar Rp 10.000.000,- , sedangkan Pak Agus hanya mempunyai 1 kartu kredit dengan limit Rp 10.000.000,- . untuk itu dia pergi ke penyedia jasa gesek tunai untuk menggesekkan kartu kreditnya tersebut agar mendapat uang tunai sebesar Rp 10.000.000,- . Penyedia jasa tersebut membebankan  biaya penarikan sebesar 3%. Praktik gesek tunai tersebut dilakukan seolah – olah Pak Agus melakukan transaksi membeli suatu LCD TV seharga Rp 10.000.000,- . setelah pratik gesek tunai dilakukan, Pak Agus tidak memndapatkan barang tersebut melainkan uang tunai yang diterimanya. Uang tunai yang diterima Pak Agus tidak utuh Rp 10.000.000,- seperti yang dia butuhkan tetapi hasil dari penurangan biaya pembebanan penarikan sebesar 3%. Dengan rincian :

Limit Kartu Rp 10.000.000,-

Biaya Penarikan 3%

Uang yang diteriama Pak Agus secara tunai yaitu : 3% x Rp 10.000.000,-

= Rp 9.700.000,-

Namun biaya yang muncul di tagihan kartu kredit tetap sejumlah

Rp 10.000.000,-

Berat untuk bulan ini Pak Agus memiliki tagihan Rp 10.000.000,-

Belum lagi biaya administrasi yang setiap bulan harus diayarkan, jika dihitung – hitung Pak Agus juga harus mengeluarkan dana lebih.

Praktik gestun tergolong jauh lebih rendah jika dilihat dari biaya yang harus dibayarkan. Karena biaya administrasi setiap penarikan tidak terlalu tinggi karena penarikan melalui gestun dianggap transaksi ritel. Selain itu Anda juga dapat sekali melakukan penarikan samai batas limit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *